Lencana Facebook

Sabtu, 21 Maret 2009

Hati-Hati Dengan Virus Guardian !!!

Berhubung karena didaerah sini lagi demam Guardian dan teman-teman didunia maya juga ada yang kena wabah virus ini jadi sebagai solusi aku postingkan artikel ini semoga saja bisa berguna untuk teman-teman semua.
Virus ini mungkin saja awalnya berasal dari sebuah sms yang beralamatkan dari Telkomsel yang menyatakan bahwa handphone si pemilik telah terinfeksi virus yang bernama Guardian. Bukan hanya satu kali itu saja muncul sms seperti itu tapi ada yang hampir setiap hari mendapatkan sms seperti itu.
Umumnya produk handphone yang menjadi target dari sms itu adalah dari produk NOKIA yang memiliki system Symbian.


Menurut pengalaman tetanggaku yang kebetulan namanya juga Rudy (bukan rekayasa lho!!) dan memiliki handphone NOKIA 7610, sms itu muncul hampir 3 kali sehari dan waktunya juga hampir sama yakni pagi sekitar jam 08.00, siang sekitar jam 14.00 dan malamnya sekitar jam 21.00 (hal ini belum tentu sama lho dengan yang lain) karena dari 3 “pasien” (Wiwit N7610, Ayu Diva N6600 dan Rudy tetanggaku N7610) hanya handphone-nya Rudy saja yang mengalami kejadian rutin sms seperti itu.
Namun selain menyatakan terkena virus, sms ini masih tergolong ada sisi baiknya juga karena didalamnya disertakan juga cara penanggulangannya seperti harus install FeExplorer dan segala macemnya aku nggak tahu persis tuh…
Untuk yang FeExplorer itu sendiri aku juga belum tahu pasti karena sampai sekarang masih belum sempat aku buktikan sendiri kebenarannya.
Tapi karena aku penasaran pengen tahu seperti apa bentuk format virus Guardian tersebut akhirnya aku gunakan aplikasi Fileman untuk menyelidikinya…(wah kayak detektif aja nih!!!)
Setelah dilihat secara seksama ternyata didalamnya memang terdapat virus yang mirip dengan Trojan tapi untuk jenis pasti virusnya aku nggak tahu juga nih karena bukan pakarnya virus???
Akhirnya aku coba untuk membasminya dengan memformat ulang handphone ke pengaturan awal secara manual tanpa menggunakan computer dan akhirnya virus yang katanya Guardian tersebut bisa dilumpuhkan juga..
Jika teman-teman semua ada yang kena sms kayak ini nggak ada salahnya kan untuk dicoba terlebih dahulu sebelum ke Counter handphone terdekat daripada bayar mahal-mahal…..
1. Semua kontak yang ada di direktori handphone disimpan dulu ke SIM Card sebagai cadangan karena sebagian handphone NOKIA seperti N3650 dan N3660 jika di format secara manual maka semua kontak yang tersimpan di memory internalnya (handphone) akan terhapus semua termasuk file-file didalamnya seperti foto, nada dering, video, dan catatan.

2. Lepaskan memory eksternal sebelum melakukan format manual jika handphone-nya dilengkapi dengan memory luar/eksternal.

3. Setelah semua file penting diamankan baru proses format secara manual bisa dijalankan dengan aman dengan menekan tombol *#7370# setelah itu akan muncul peringatan :
"Kembali Ke Pengaturan Awal? Teleppon Akan Melakukan Restart?”
Tekan "Ya" kemudian tunggu sebentar sampai telepon selesai melakukan restart.
Biasanya bahasa telepon dan semua pengaturan seperti nada dering maupun wallpaper akan kembali seperti awal.
4. Setelah itu untuk mencari masih ada tidaknya si Virus didalam handphone bisa dicek lagi menggunakan aplikasi Fileman dengan mencari file yang berekstensi (.exe)

Difolder khusus handphone (C)


Masuk ke bagian System


Terus masuk lagi ke folder Apps


Dan cari dengan teliti file yang berekstensi .exe biasanya berada paling bawah sendiri.


Jangan lupa untuk folder Recogs yang berada didalam folder System juga dicek jika ada langsung dihapus aja!!!.
Jika teman-teman semua ada yang nggak punya aplikasi Fileman ini bisa didownload disini dan copy ke direktori handphone (C) tadi di bagian Apps yang berada didalam folder System, gratis kok khusus buat teman-teman semua.
Untuk mengatasi memory kartu yang juga ikut terkena virus cukup di Scan dengan antivirus komputer biasa yang sebelumnya telah diupdate...
Semoga bermanfaat ya….

11 komentar:

DE mengatakan...

aku sih belum punya hape masih blom perlu soalnya ...
tipsnya bagus nih, moga ada guna bagi pemilik handy

elly.s mengatakan...

halah untung hape ku nokia jadul..

btw tq infonya...

astrid savitri mengatakan...

Uh, ternyata virus udah bosen nyerang komputer, hape diembat juga..
untungnya nokia-ku gak canggih2 amat, hehe..

Admin mengatakan...

@ Mbak Ely :
Masa mbak Ely nggak punya hape, bo'ong ah???

@ Mbak Elly :
Meski NOKIA jadul yang penting kan komunikasinya lancar-lancar aja nih???

@ Mbak Astrid :
Bukannya bosen mbak tapi cari yang lebih mudah untuk diserang tuh, nggak tahu nih sapa yang usil buat tuh Virus????

DE mengatakan...

aku nggak biasa bohong, bener Rudy, aku blom punya hape krn memang saat ini belum merasa perlu , ntar kalau sdh benar2 perlu Insya Allah baru dipikir2 berkali-kali utk beli hape, tapi selama ini fine2 saja bertahun2 nggak ada hape, hidup rasanya tenang dan nyaman tanpa ada gangguan deringan hape , kalau ada yg bilang hari gini nggak punya hape ? yg nggak apa2 itu hak mereka bilang begitu emang gue pikirin ? hihihihi

Admin mengatakan...

@ Mbak Ely :
Maaf ya mbak kemaren aku nggak bermaksud nyindir mbak karena hari gini masih nggak punya hape?
Sebenarnya hal itu memang hak setiap orang mau punya hape atau nggak karena yang merasakan dan menjalaninya kan orang itu juga...
Tapi yang namanya komunikasi kan tetep penting mbak, kapanpun dan dimanapun juga, ya kan???
Kalau misalnya ada suatu bencana atau kabar apa kek, kan kita bisa cepat mengetahuinya???
Contoh kecilnya aja misalnya suami mbak lupa nggak bawa kacamata waktu ke kantor karena terburu-buru ada rapat penting yang harus dihadiri sedangkan dia udah berada ditengah perjalanan, untuk lebih menghemat waktu kan suami mbak bisa sms mbak Ely agar nyiapin atau kalo nggak ketemu bantu cariin tuh kacamata dengan begitu kan suami mbak nggak telat-telat amat mengikuti rapat???
Atau misalnya juga rumah tetangga mbak disitu lagi dimasuki maling, daripada teriak-teriak sendirian kan mending kompakan ama para tetangga lewat sms untuk menangkap dan gebukin tu maling biar kapok,hehehe...
Pokoknya dengan komunikasi yang cepat dan akurat semua pasti akan lebih baik....
(kok promosi hape terus nih dari tadi kayak sales aja????)hehehe...

diah mengatakan...

di hp aq ada virus guardian,ya tptx brada di fileman,tp uah aq hps.apakah virus itu udah hilang?

yoyok ganteng mengatakan...

g ngerti ahh bingung,?!@@#$%%^@

oala agus-agus mengatakan...

rudy kmu hebat.. thanks yaaa... padahal aq mw k tukang service... untung aq liat blog km.. Tuhan Memberkati....

Admin mengatakan...

@ Diah :
Bisa hilang tapi bisa juga balik lagi, tergantung gimana cara hapusnya dulu???

@ Yoyok :
Biasalah mas, namanya juga kan masih belajar nih???
Kalo memang bukan ahlinya bisa-bisa menbingungkan...

4d34 mengatakan...

Boz hp w ad ntu viruz tp g bsa k hapuz pke fileman gmana tp bner gx nama viruznya guardian.dat

Posting Komentar